PIJAT REFLEKSI DAN RAMUAN TRADISIONAL UNTUK BERBAGAI PENYAKIT

PIJAT REFLEKSI DAN RAMUAN TRADISIONAL

UNTUK BERBAGAI PENYAKIT 

1. AMANDEL
Dibawah ini ada 3 bahan untuk membuat ramuan obat amandel:
Pertama : 2 buah mengkudu dan madu murni secukupnya. Peraslah dahulu buah mengkudu tersebutttt, saringlah dan tambahlah sedikit air panas. Setelah itu air perasan tersebut dimasukkan ke dalam gelas. Kemudian campurlah dengan madu dan aduklah hingga rata. Obat ini diminum 3 hari sekali, dan minumlah obat tersebut terus dipakai berkumur terlebih dahulu selama beberapa menit kemudian baru ditelan.
Kedua : 3 buah jeruk nipis. Peraslah jeruk tersebut, kemudian ambil airnya dan berilah sedikit kapur sirih. Kemudian aduk yang rata. Obat ini diminum saat sebelum tidur pada malam hari dan hal tersebut dilakukan selama 3 hari berturut-turut.
Ketiga : 15 gram kulit manggis yang sudah kering dan 2 sendok teh minyak permen. Kulit manggis tersebut direbus dengan 2 botol air sampai mendidih sehingga tinggal 1 botol. Setelah itu teteskanlah minyak permen dan aduklah hingga rata. Minumlah

2. ALERGI

Timbulnya bercak-bercak merah pada kulit dan rasanya sangat gatal itu berarti tanda-tanda alergi.
Bahan-bahan ini dapat dibuat ramuan, yaitu : 6 gram daun sirih yang bertemu uratnya, 1 potong bangle, 1 sendok teh minyak kayu putih. Caranya tumbuklah daun sirih dan bangle campur jadi satu dan tumbuklah sampai halus. Setelah bahan menjadi halus campurlah dengan minyak kayu putih, aduklah sampai rata. Kemudian oleskan secara merata pada kulit yang terkena alergi/ gatal. Reaksi yang timbul dari ramuan diatas adalah panas dan perih, tetapi tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah reaksi yang sudah biasa terjadi. Oleskanlah berulang kali, pasti ada perubahan dan kesembuhan.

3. ASMA

Penyakit ini sering ditandai dengan rasa sesak pada waktu bernafas.
Kumpulkan 3 tangkai daun seledri, 8 lembar dan randu, garam dan gula aren secukupnya. Semua bahan tadi dijadikan satu dan ditumbuk sampai halus, kemudian dimasukkan ke dalam gelas, tambahkan air 1/2 gelas, dan aduklah sampai rata. Ramuan ini diminum sebelum tidur dan lakukan minimal 3 hari secara berturut-turut.
Cara yang kedua, 5 siung bawang putih, 1 sendok makan madu asli. Setelah itu irislah kecil-kecil bawang putih, kemudian rebuslah dengan 1 gelas air biarkan hingga air tersebut tinggal 1 gelas. Kemudian masukkan madu ke dalam air rebusan tersebut lalu aduklah sampai rata. Minumlah ramuan tersebut pada waktu pagi hari dan sekali langsung habis. Pada waktu sorenya buatlah lagi dan lakukan itu selama seminggu.
Anjuran : jangan terlalu sering terkena udara yang dingin

4. AMBAIEN

Untuk Ramuan obat tradisional :
Pertama : kumpulkan 6 gram daun kejibeling, 5 gram meniran, 1 gram asam kawak, 3 gram temulawak, semua bahan direbus dengan 1 liter air sampai tersisa 1/2 liter minum 3 kali sehari. Lakukan sesuai keperluan.
Kedua : daun pepaya atau kates yang tidak terlalu tua, pada waktu sore ditumbuk yang halus kemudian diseduh dengan air panas, peras dan saring. Pagi harinya minum sampai habis. Hari berikutnya bikin ramuan lagi. Untuk mengatasi pendarahan yang mendadak tumbuklah bonggol pisang kepok, peras, saring lalu diminum. Jangan makan makanan yang pedas dan beralkohol.

5. AYAN

Bahan-bahan untuk membuat ramuan ini adalah sebagai berikut : 1/2 genggam daun kaki kuda, 1/2 genggam daun meniran, 1/2 genggam daun kemangi dan 1/4 genggam daun sangket. Semua bahan diatas dicuci hingga bersih kemudian dikeringkan. Setelah semua bahan mengering, tumbuklah sampai halus kemudian ditapis dan disimpan dalam toples (tutuplah dengan rapat). Ambillah 1 sendok teh ramuan tersebut. Kemudian seduh dengan 3/4 gelas air panas dan tambahkanlah sedikit gula enau secukupnya. Supaya lebih cepat terasa manfaatnya minumlah secara rutin 3 kali sehari.
Penyakit Ayan ini bukanlah jerus penyakit turunan dan biasanya ditandai dengan semua urat-uratnya kejang dan keadaan badan yang tidak sewajarnya.

6. AWET MUDA

Kalau mau awet muda, hindari stress. Hindari makanan berbahaya, kolesterol, purin tinggi, alkohol. Gunakan prinsip keseimbangan. Artinya anda boleh makan daging sapi tapi tidak berlebihan dan biasakan makan sayur dan buah.
Untuk menghindari serangan jantung dan stroke, hilangkan kebiasaan minum teh dan kopi, ganti dengan minum rebusan temulawak.
Biasakan berolah raga walau hanya berjalan kaki. Bila anda jarang tersenyum sekarang juga perbanyaklah tersenyum. Berbuatlah kebajikan dengan ikhlas, karena kebaikan yang anda amalkan akan menentramkan hati. Sesibuk apapun usahakan bisa bersilaturahmi dengan sanak saudara dan sahabat, minimal anda bisa telepon dan sms.
Biasa makan apel di pagi hari membuat anda akan nampak awet muda, biasakan pula minum madu dan jinten hitam.

7. BATUK

Ambil 1 buah jeruk nipis, 3 gram bawang putih dan 2 sendok makan madu murni. Kemudian tumbuklah bawang [utih, jeruk nipis diperas dan ambillah airnya dan aduklah bersama tumbukan bawang putih dan tambahkan 2 sendok makan air masak, kemudian disaring. Hasil dari saringannya dimasukkan kedalam gelas, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air panas. Minumlah ramuan itu pasa siang dan sore hari.
Tanaman lidah buaya juga bisa dibuat obat batu. Langkah awalnya  ambillah lendir dari lidah buaya dan campurlah dengan madu murni. Minumlah ramuan tradisional tersebut 1 sendok makan 3 kali sehari dan 1 sendok teh bagi anak-anak.

8. BATUK REJAN

Penyakit ini biasanya dapat menular melalui udara. Untuk pengobatan tradisional : ambil 1/3 genggam dua semanggi, madu yang secukupnya, dan 3 gelas air. Cara untuk membuatnya : daun semanggi yang telah dicuci bersih 3 gelas biarkan hingga 3/4 gelas kemudian setelah dingin disaring, tambahkan sedikit gula. Cara penggunaannya : diminum 2 kali sehari. Ramuan tersebut minumlah secara rutin.
Tanda yang bisa kita lihat dari penderita penyakit ini salah satunya, biasanya batuknya bercampur dahak.

9. BAU MULUT

Ramuan yang dapat menyembuhkan penyakit bau mulut antara lain : 5 gram pinang muda, 5 gram garam dapur, 30 gram daun beluntas. Lau rebuslah semua bahan diatas dengan air secukupnya. Penggunaannya minumlah 3 kali sehari dan lakukan beberapa hari seperti minum teh.
Jika anda mengalami bau mulut karena habis makan pete, jengkol dan makanan yang membuat mulut anda bau, cara mengobatinya hanya dengan makan kopi bubuk secukupnya, lalu minumlah air masak secukupnya.

10. BIDUR

Penyakit ini sering disebabkan oleh : darah kotor, karena udara yang dingin, perut kotor, dan bisa juga karena makan tertentu. Makanan yang biasanya menjadi sumber penyakit ini antara lain: ikan laut, telur dll. Ciri-ciri orang yang menderita penyakit ini seperti : timbulnya bintik-bintik pada kulit dan apabila digaruk bintik-bintik tersebut akan semakin melebar
Bahan-bahan untuk membuat ramuan obat tersebut adalah : 25 gram meniran, 10 gram kayu manis. Tumbuklah kedua bahan tersebut sampai halus, kemudian seduh dengan air panas. Setelah hangat minumlah air ramuan tersebut. Lakukanlah secara rutin 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam menjelang tidur. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah pepaya dll.

11. BISUL

Obatnya adalah 10 gram daun bayam duri, 10 gram daun kangkung dan 5 gram Asam lawak. Daun bayam dan daun kangkung ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit garam. Tempelkan lah pada bisul tersebut dan lakukanlah secara rutin sehingga akan lekas masak, pecah dan bisul pun akan segera sembuh.
Daun sirih juga dapat dibuat ramuan untuk penyembuhan penyakit ini. Caranya rebuslah beberapa daun sirih dengan air yang bersih sampai mendidih. Kemudian biarkan sampai beberapa menit, gunakanlah untuk mencuci bisul yang telah pecah pada saat air tersebut keadaan masih hangat - hangat kuku.

12. BRONKHITIS

Kumpulkan 2 kuntum bunga kembang sepatu, 2 gelas air masak dan garam secukupnya. kemudian cucilah bunga kembang sepatu tersebut sampai bersih, kemudian tumbuklah sampai halus. masukkan kedalam 1 gelas air yang masak dan campur garam sedikit. Saringlah ramuan tersebut lalu gunakanlah sebagai minuman 3 kali sehari.
Ramuan lainnya kumpulkan, 1/2 genggam daun kaki kuda, madu secukupnya. Daun kaki kuda direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas. sisanya 3/4 nya dan dinginkan. Diminum dengan madu agar rasanya lebih segar dan enak, ini dilakukan 3 kali sehari 1/2 gelas.
Lakukanlah  secara rutin agar cepat sembuh, berhati-hatilah karena apabila penyakit ini tidak segera ditangani akan berubah menjadi penyakit TBC yang menular.

13. BUSUNG LAPAR

Penyakit ini disebabkan karena tubuh kita kekurangan  vitamin atau zat pembangun tubuh. ramuan untuk obat adalah : satu genggam daun kumis kucing, akar pepaya gundul sebanyak 3 potong, daun belimbing wuluh hanya sebanyak 15 lembar. Rebuslah semua bahan tersebut menggunakan 2 gelas air. Setelah dingin saringlah lalu minum tiga kali sehari.
Anjuran : banyak-banyaklah makan-makanan yang mengandung zat                     pembangun.


14. CAMPAK

Pada masa kecil pasti ada yang pernah menderita campak gabak). nah,                 ramuan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah : 1 genggam daun asam, 7                 jari rimpang kunyit, gula enau secukupnya. terlebih dahulu gondoklah daun                 asam dan kunyit. Setelah dingin saringlah kemudian tambahlah gula enau                 secukupnya. minumlah secara rutin 2-3 kali sehari.
Penyakit gabak atau campak ini biasanya sering menyerang anak dibawah umur 10 tahun, bahkan orang dewasa pun juga sering terkena penyakit ini. Penyebab utama penyakit ini adalah virus.

15. DIARE

Ciri-ciri orang yang terjangkit penyakit diare adalah buang air besar terus-  menerus, tubuh terasa lemah.
Ramuan tradisional yang biasa dipakai 3 jari rimpang kunyit, 10 gram gambir dan kapur sirih secukupnya. semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, kemudian campurkan air masak secukupnya. Setelah itu peraslah dan ambil airnya. Minumlah  ramuan ini secara teratur pagi dan petang.
Ada juga bahan yang lainnya dan cara untuk membuatnya sebagai berikut :  ambillah segenggam akar kelapa yang setengah tua kemudian cucilah sampai bersih. setelah bersih kemudian rebuslah dengan 3 gelas air bersih. Dinginkan kemudian minumlah 3 kali sehari secara rutin. Cara untuk menghindari                     penyakit ini adalah hindari makanan yang terlalu pedas dan asam.

16. DIFTERI

Di bawah ini ada 2 bahan ramuan untuk menyembuhkan penyakit ini,  seperti :
Pertama : ambillah 3 buah nanas yang sudah masak. Kupaslah kulitnya  kemudian parut dan bubuhi sedikit air, peras dan saring. Gunakan air perasannya untuk berkumur kurang lebih 3 menit.
Kedua : 1 gelas air panas, 1 butir isi buah pinang dan satu sendok makan  madu. Tumbuk lah isi buah pinang sampai halus kemudian seduh dengan   segelas air panas sekalian campur dengan madu. Setelah agak dingin gunakan   untuk berkumur dan berangsur-angsur ditelan.

17. EKSIM

Di bawah ini adalah ramuan tradisional untuk menyembuhkan penyakit eksim.
Ambil 10 gram lengkuas, 10 gram kunyit, 3 gram kapur sirih. bahan  lengkuas dan kunyit diparut, kemudian hasil parutan tersebut dicampur  dengan kapur sirih. tempelkanlah ramuan tersebut pada bagian yang sakit,     kemudian balutlah dengan perban supaya tidak terkena air. Hal - hal yang  perlu diperhatikan : jagalah agar tidak terkena sabun, banyak-banyaklah makan tempe, tahu minumlah susu. Hal yang perlu dihindari : hindarilah  makan daging, ikan laut dan rempah-rempah.
Penyebab eksim. biasanya adalah darah kotor dan kekurangan vitamin K.  gejala yang timbul dari penyakit ini seperti : bintik- bintik bernanah.

18. EJAKULASI DINI

Ramuannya adalah : 1 buah pinang, 1 buah kemiri, 3 butir telur ayam, 2 sendok makan madu murni. Cara untuk membuat ramuan ini adalah bakarlah pinang dan kemiri hingga hangus dan tumbuklah, kemudian telur, ambillah kuning telurnya saja. Taruhlah semua bahan dalam gelas, seduhlah dengan air panas kemudian minumlah. Lakukanlah secara rutin, pasti ada kesembuhan.
Banyak-banyaklah olah raga, makan daging kambing dan minumlah susu    murni. Lakukanlah beberapa hari.

19. FRIGID

Gunakan ramuan dibawah ini tapi jangan lupa gunakan pemanasan                     sebelum bermain cinta.
Bahan : Jahe 20g, Adas 5g, Pulosari 5g, Biji jinten 5g, Merica hitam 2g,                 kuning telur 2 butir, madu murni 2 sendok makan.
Cara membuat :  Semua bahan dilumatkan, ditambah 1/2 gelas air, 2                 kuning telur dan 2 sendok makan madu. Setiap 3 hari sekali minum ramuan ini             sebanyak 1 paket/ resep

20. GEJALA MALARIA

Ramuannya : 30 gram daun meniran, 30 gram daun beluntas, 30 gram daun pepaya dan gula aren secukupnya. daun pepaya, daun meniran dan daun beluntas diatas, ditambah 1 1/2 air. Rebuslah hingga mendidih dan hingga tersisa 1 liter. Kemudian sebelum meminum air rebusan tersebut bubuhilah terlebih dahulu memakai gula aren. Minumlah airnya 3 kali sehari (setiap kali minum takarannya segelas).
Cara yang lain adalah dengan cara mencegah nyamuk anopeles tersebut agar tidak berkembang biak. Jagalah kebersihan lingkungan sekitar.

21. GONDONG

Ada 2 langkah pengobatan untuk pengobatan penyakit ini.
Pertama : untuk membuat ramuan obat tesebut adalah : 2 lembar daun simbar menjangan, garam dan air secukupnya. Sebelumnya cucilah dahulu bahan-bahan diatas, di giling, berilah garam dan air. Gunakan lah untuk melunasi bagian tubuh yang sakit dan lakukanlah secara rutin 2 kali sehari sampai penyakitnya sembuh.
Kedua : 10 ranting daun belimbing wuluh, 4 biji bawang putih. Cara untuk membuatnya : tumbuklah bahan-bahan tersebut diatas hingga halus dan menyerupai bubur. gunakanlah untuk mengolesi bagian sakit.

22. HAID TERLALU BANYAK

Setelah dipijat di bagian titik-titik diatas, kita dapat menggunakan bunga tasbih (Canna Indica Linn) atau sering disebut dengan Ganyong Hutan, Ganyong Wana, Ganyong Alas, Canyong Leuweung (sunda) Puspanyidra. bahan-bahan untuk membuat ramuan obat tersebut adalah : 10-15 gram bunga tasbih (kering), 600 cc air bersih. Rebuslah bunga tasbih tersebut dan api jangan terlalu besar, biarkan hingga kira-kira air rebusan tersebut tinggal segelas atau kira-kira 200 cc. Gunakan lah ramuan ini dan dianjurkan diminum 1 kali atau 2 kali sehari.
Ramuan bunga tasbih ini juga berfungsi untuk mengobati keputihan dan sakit kuning. bahan untuk membuat ramuan obat bagi penderita keputihan : 15-30 gram akar bunga tasbih ditambah ketan secukupnya dan yang terakhir daging secukupnya. Cara untuk membuatnya begitu mudah, yaitu cucilah sampai bersih semua bahan diatas. Kemudian di tim lalu dapat kita makan.


23. HEPATITIS

Penyakit ini sering juga disebut penyakit kuning. Ramuan tradisional adalah sebagai berikut :
5 gram daun ingu (Ruta Angustifilia), 10 gram kunyit, 15 gram brotowali. Terlebih dahulu potong-potonglah brotowali dan kunyit. Hasilnya kemudian direbus dengan 1 liter air bersama daun ingu. Biarkan hingga tersisa menjadi 1/2 liter. Minumlah 3 kali sehari, setelah minum obat minumlah air manis gula aren untuk mengurangi rasa pahit.
selanjutnya bonggol bumbu kuning caranya dipukul-pukul menggunakan kayu atau benda keras yang lainnya hingga sedikit hancur. Kemudian rebuslah menggunakan 2 liter air sampai tersisa tinggal 1 liter dan berilah gula aren secukupnya. Ramuan ini dapat diminum 3 kali sehari.

24. IMPOTEN

Segera obatilah dengan bahan berikut : 2 butir telur ayam kampung, 5 gram kunyit, 10 gram madu murni, 10 gram adas, 10 gram bawang putih, adas, merica dan pulosari ditumbuk hingga halus. Kemudian dijadikan satu, bubuhkan air panas secukupnya. Setelah bahan tersebut dingin campurkan kuning telur dan madu, aduklah dengan rata. Minumlah 2 jam setelah makan malam. Lakukanlah secara teratur agar perubahan semakin terlihat dan Anda pun cepat sembuh.

25. INFEKSI SALURAN KENCING

Bunga matahari dapat dipakai sebagai alat yang berguna menyembuhkan penyakit infeksi saluran kencing dan banyak lagi jenis penyakit. Selain bunganya sebagai obat, ternyata daun dan biji bisa dibuat obat untuk berbagai macam penyakit.
Gunakanlah 30 gram akar bunga matahari dan 3 gelas air bersih. Buatlah dengan cara berikut rebuslah bahan diatas, tapi jangan terlalu lama. Angkatlah pada waktu masih mendidih pertama kali. Untuk cara pemakaiannya minumlah ramuan tersebut secara teratur.

26. INFEKSI RAHIM

Pengobatan dengan ramuan paling sederhana adalah dengan minum sari buah merah. Atau gunakan ramuan dibawah ini :
15 gram tapak dara (daun/ tangkai/ semua bagiannya), 15 gram daun belimbing, 15 gram kunyit putih. Semua bahan direbus dengan 3 gelas hingga tersisa 2 gelas, diminum dua kali sehari.

27. JERAWAT

Ambillah 1 sendok teh serbuk belerang remaslah bersama ait tawar 2 sendok makan. Pakailah untuk menggosok wajah yang terkena jerawat. Digunakan sebelum tidur. Bahan dari belimbing wuluh : 5 buah belimbing wuluh diremas-remas dengan air garam. Pakailah untuk menggosok wajah yang terkena jerawat.
Serta kulit mentimun yang bagian dalam. Gosoklah pada bagian yang terkena jerawat. Dan bahan yang berasal dari daun meniran, yaitu : 7 batang daun meniran, 10 potong temulawak yang diiris tipis dan air 2 gelas. Semua bahan tersebut diatas direbus kemudian diminum airnya.

28. KAKI KEJANG

Jika kaki terasa kejang (kram) sedangkan anda dalam posisi duduk atau berbaring maka perlahan-lahan usahakanlah berdiri, usahakan telapak kaki menapak ke lantai (tanah) lemaskan seluruh otot, hati dan pikiran tidak usah ikut tegang, santai. Beberapa saat kemudian kejang itu akan mereda. Setelah mereda barulah anda pijat bagian-bagian titik diatas.

29. KEJANG JANTUNG

Seorang yang menderita penyakit kejang jantung biasanya jantung terasa kejang, kaki dan tangan terasa dingin.
Ramuannya adalah : 3/4 gelas kacang hijau atau kedelai dan 2 gelas air. Anda harus mencuci dulu hingga bersih kedelai dan kacang hijau. Kemudian rebuslah dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal 3/4 dari semula. Setelah dingin disaring kemudian diminum 2 kali sehari, tiap minum 1/2 gelas. Ramuan lainnya : 3 batang wortel dan 2 sendok makan madu. Cucilah sampai bersih kemudian diparut, selanjutnya remas-remas dengan 2 sendok makan madu murni. Peras dan saringlah bahan tersebut. Cara pemakaian diminum 3 kali sehari.

30. KELELAHAN

Istirahat yang cukup, tidur adalah cara paling efektif untuk memulihkan tenaga. Selain itu gunakan nutrisi yang cukup. Minum ramuan beras kencur akan dapat menyegarkan badan anda, atau malam hari sebelum tidur minum ramuan susu telur madu jahe (STMJ).
Ramuan dari herbal adalah : 15 gram akar kapulaga, 15 gram jinten hitam, 15 gram lempuyang gajah, perasan jeruk nipis secukupnya. Semua bahan direbus dengan air 3 gelas hingga tersisa 2 gelas lalu diminum dua kali dalam sehari.

31. KEMANDULAN

Sudah menjadi rahasia umum, jika wanita ingin subur makan ia selalu membiasakan diri makan kacang hijau atau taoge (kecambah). Kecambah bisa digunakan sebagai lalapan atau dimasak apa saja. Selain itu lebih cepat lagi jika sering makan buah lengkeng, makan sop buntut sapi, buah alpokat, bulat dan udang.

32. KENCING MANIS

Ramuannya adalah : 15 gram daun sembiloto, 15 gram daun kumis kucing, 15 gram batang butrowali. Semua bahan direbus dengan air 3 gelas hingga tersisa 2 gelas, diminum 2 kali sehari.
Atau gunakan : 15 gram mengkudu, 15 gram daun jati yang masih muda, 15 gram daun salam, 15 gram celupkan (semua bagiannya). Semua bahan direbus dengan air 3 gelas hingga tersisa 2 gelas diminum 2 kali sehari.
Usahakan makan buah dan sayur segar. kalau mau, sebulan dua kali menelan empedu kambing mentah-mentah, tiga jam sesudahnya makan dan minum yang manis (kalau ada gula aren).
Jika ada luka harap mengambil gula pasir yang ditumbuk halus, diayak dicampur betadine lalu taburkan pada bagian yang luka.
Mendekatlah kepada Tuhan, berdoa kepada-Nya.

33. KEPUTIHAN

Untuk mengobati penyakit ini buatlah ramuan tradisional dan seperti dibawah ini :
Sediakan biji sawi. Kemudian ambillah 1 sendok teh biji sawi, cucilah sampai bersih. Setelah itu geruslah, dan seduhlah dengan 1/2 gelas air panas. Tambahkan 1 sendok madu. Aduk hingga rata. Minumlah pada saat masih hangat 2 kali sehari (tiap minum 3 sendok makan).

34. KERACUNAN MAKANAN

Keracunan yang dimaksud adalah keracunan makanan seperti ikan, udang, kepiting, jamur singkong dan makanan lainnya.
Cara Pertama : Minumlah air kelapa hijau sebanyak-banyaknya. Minum perasan air kunyit yang dicampur kuning telur ayam kampung. Minumnya sekali habis.
Cara Kedua : Ambil beberapa siung bawang putih, biji jinten 1 sendok makan. Madu murni secukupnya. Bawang putih diparut untuk diambil airnya sehingga didapat 2 sendok makan. jinten hitam ditumbuk halus, ketiganya dicampur jadi satu, diaduk rata. Diminum sekali habis.

35. KURANG ASI

Banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh ibu mnyusui, terutama pada masalah kelancaran ASI. pada masa menyusui si bayi butuh banyak sekali ASI.
5 sendok makan gula, 2 gelas air dan temulawak setengah jari. terlebih dahulu parutlah temulawak tersebut, kemudian ambillah sarinya. Campurlah sari tersebut dengan gula, ditambah air masak secukupnya, kemudian ramuan siap untuk diminum.
Daun katu juga dapat melancarkan ASI dengan cara masaklah daun katu (biasanya dijadikan sayur bening segar). Kemudian campurlah dengan madu terus diminum.
Temulawaknya dengan asam jawa caranya godoklah bahan tersebut, lalu diminumlah airnya pada saat masih hangat.
Ada yang menggunakan pupus pepaya, asam dan gula jawa. Ketiga bahan digodok. kemudian minum selagi airnya masih hangat.


36. KURANG DARAH

Selain ramuan tradisional pijat refleksi juga dipakai  dalam penyembuhan penyakit ini. Penderita penyakit ini dianjurkan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.
Dua bahan yang dipakai adalah : 1 buah jeruk nipis, daun bayam duri segenggam, kuning telur ayam kampung, madu murni 1 sendok makan. Setelah itu kuning telur dan madu diaduk ditumbuk diambil airnya. Semua bahan dikumpulkan menjadi satu kemudian diaduk hingga rata. Cara penggunaanya : Obat ini diminum setiap pagi selama 5 hari dan selanjutnya 2 minggu sekali.
Bahan selanjutnya : 25 gram daun kacang, 25 gram daun ketela pohon atau singkong, 25 gram daun bayam duri, 25 gram daun pepaya yang masih muda, kelapa dan garam secukupnya. Caranya untuk membuat : semua bahan diatas direbus sampai masak kemudian dimakan disiang hari.

37. KURANG NAFSU MAKAN
Untuk mengobati rasa kurang nafsu makan gunakanlah ramuan berikut ini : 1 genggam dau pepaya yang masih muda, 1 gelas air masak dan 1 sendok makan madu murni. Cuci terlebih dahulu daun pepaya sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Berilah air masak, peraslah air perasan tersebut dicampur madu kemudian diaduk yang rata. Ramuan tersebut dapat diminum 2 kali sehari (setiap kali munum 1/2 gelas)
Bahan-bahan lain yang dapat digunakan antara lain : 1/2 gelas air panass, 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok teh mahoni. Caranya seduhlah serbuk mahoni dengan air panas, aduklah merata kemudian masukkan madu dan aduklah lagi. Minumlah ramuan ini dalam keadaan masih hangat-hangat kuku 2 kali sehari. 1/2 gelas setiap kali minum.
Kurangnya nafsu makan sebenarnya banyak sekali hal yang mempengaruhi. Salah satunya karena gejala akan adanya penyakit didalam tubuh kita.

38. LUKA BAKAR

Tak usah panik, jika anda terkena luka bakar, ambillah daun sirih yang masih segar, peras airnya tambahkan sedikit madu lalu bubuhkan ke tempat luka yang terbakar, dengan cara ini luka bakar akan segera sembuh.
Untuk mengobati luka bakar atau tersiram air panas lainnya, anda juga bisa memakai sosor bebek atau tiris caranya daun sosor bebek dilumatkan lalu ditempelkan pada bagian yang terluka.

39. MABUK KENDARAAN

Apabila kita naik bus, kapal laut, pesawat dan kendaraan jenis apapun kita pasti sering melihat ada orang mabuk di perjalanan. Ada ramuan tradisional yang bisa mencegah ataupun mengobati orang yang mabuk kendaraan tersebut.
Siapkan 2 buah jeruk nipis yang sudah tua, sedikit gula dan sedikit air masak. Lalu peraslah jeruk nipis tersebut dan ambillah airnya, tambahkanlah air dan gula biar tambah nikmat. Minumlah sebelum Anda melakukan perjalan jauh.
Mau cara cepat minum Antimo atau obat apotik lainnya.

40. MUNTAHBER

Muntahber dapat menyerang siapa saja. Balitam anak-anak bahkan orang dewasa. Penyakit ini harus cepat mendapat penanganan karena sangat berbahaya apabila si penderita kehabisan cairan.
Buah delima dapat juga digunakan sebagai ramuan, yaitu : kulit buah delima, jinten putih secukupnya, 3 potong jahe, santan kelapa, minyak kayu putih dan beberapa butir buah pala, berserta bunganya. Tumbuklah sampai halus semua bahan diatas kecuali, santan dan minyak kayu putih. Bahan yang telah ditumbuk halus, masukkanlah ke dalam santan kelapa berilah sedikit minyak kayu putih. Lulurkan ramuan diatas pada bagian perut dan ulu hati. Ulangilah sampai Anda merasa pulih.

41. NAFAS BAU

Ramuan untuk nafas berbau adalah : daun beluntas 30gram, pinang muda 5 gram, garam dapur 5 gram. Semua bahan direbus dengan air secukupnya. Diminum 3 kali sehari.
Jika bau mulut karena gusi atau sakit gigi : kapilaga 5 biji, bunga sirih 5 kuntum, bunga tanjung 3 kuntum. Semua bahan ditumbuh halus diberi air 3 sendok makan lalu diperas dan masukkan ke dalam gelas berisi air masak 1/4 gelas. Di minum.
Jika bau mulut karena makanan petai atau jengkol, maka anda cukup kopi bubuk secukupnya lalu minum air dingin yang sudah masak.

42. SAKIT TELINGA

Mungkin disebabkan infeksi didalam telinga sehingga keluar nanah. Pengobatannya adalah : biji mahoni 10 biji, dan daun iler 5 gram, kencur 5 gram, minyak kelapa 3 sendok makan.
Daun iler, mahoni dan kencur ditumbuk halus dimasak atau digoreng dengan minyak kelapa sampai masak tapi jangan sampai hangus. Setelah diteteskan pada telinga yang sakit.

43. PERUT KEMBUNG

Cara pengibatan herbal adalah : jeruk nipis, air teh panas dan gula batu secukupnya. Peraslah terlebih dahulu jeruk nipis tersebut dan perasan air jeruk nipis, gula batu dan segelas air teh tadi dicampur menjadi satu. Lalu aduk sampai rata. Minumlah sekali langsung habis pada waktu masih hangat.
Siapkan lagi bahan berikutnya, yaitu ; 2 lembar daun pepaya yang masih muda dan garam secukupnya. Daun pepaya yang masih muda tersebut ditumbuk sampai halus, beri air secukupnya. Lalu peras dan ambillah airnya. Air perasan tersebut diberi garam secukupnya, aduk hingga rata. Kemudian minumlah.

44. PILEK

Ramuannya adalah :  5 gram kunyit, 5 gram laos, gula aren secukupnya, 10 gram jahe, 25 gram cabai dan 25 gram lempuyang. Semua bahan ditumbuk menjadi satu kemudian rebuslah 1/2 liter air hingga tersisa 1/4 liter. Minumlah secara rutin 3 kali sehari.

45. PINGSAN

Pingsan sering dialami banyak orang. Hal ini terjadi karena orang tersebut mengalami kurang darah, mabuk kendaraan. Pertolongan pertama adalah baringkan penderita dengan suasana rileks, dekat hidung oleskan minyak kayu putih atau gerusan bawang merah, bau yang menyengat akan membuat penderita segera sadar.

46. RADANG PARU - PARU

Radang paru-paru dapat disembuhkan dengan ramuan seperti berikut : 2 sendok makan madu murni dan 5 buah belimbing manis. Cucilah terlebih dahulu belimbing tersebut sampai bersih. Kemudian parutlah untuk diambil airnya. Campurkan perasaan tersebut dengan madu, aduklah hingga rata. Minumlah 2 kali sehari ( 2 sendok makan tipa minum)

47. RADANG USUS BUNTU

Ramuannya adalah : gula merah dan garam dapur secukupnya, beberapa ruas kunir dan perasan jeruk nipis. Lalu parutlah kunir tersebut kemudian ambillah airnya. Setelah itu bahan-bahan dicampurkan menjadi satu dan setelah itu diseduhlah dengan air panas, aduklah yang rata. Gunakan ramuan ini 2 kali sehari.
Dari buah mengkudu yaitu : 2 buah mengkudu yang telah masak dan 1 sendok makan madu. Kemudian cucilah sampai bersih buah mengkudu tersebut, parut dan peraslah untuk kita ambil airnya. Selanjutnya campurkanlah madu, aduk sampai rata. Minumlah 2 kali sehari 2 sendok makan.

48. RADANG GINJAL

Ramuan untuk penyakit ini adalah : 10 lembar daun belimbing wuluh yang sudah tua an 40 lembar daun kumis kucing dengan bunganya. Terus tumbuklah bahan-bahan diata sampai halus. Kemudian seduhlah bersama 2 gelas air panas. Gunakanlah untuk minum 3 kali seminggu dan lakukanlah sampai tubuh Anda terasa sehat.
Selain bahan diatas bisa juga memakai 5 gram asam kawak, 25 gram akar alang-alang, 25 gram biji kopi yang ditumbuk halus, 30 gram temulawak dan 30 gram meniran. Terus akar alang-alang dipotong-potong, temulawak diirisiris. Kemudian semua bahan diatas direbus dengan 3 liter air, biarkan hingga tersisa 2 liter air, minumlah 3 kali sehari dan setiap kali minum 1 gelas

49. RAMBUT RONTOK

Lidah buaya (Aloevera, linn) dapat digunakan untuk mengobati kerontokan rambut Anda. Pertama kali bukalah terlebih dahulu daun lidah buaya, kemudian oleskanlah lendirnya secara merata keseluruh bagian rambut. Setelah sekitar 1/2 jam kemudian cucilah sampai bersih. Lakukan sesering mungkin pasti rambut anda akan tumbuh subur dan lebat.
Cara lain yaitu beberapa butir buah kemiri. Kemiri ditumbuk sampai halus, kemudian berilah air untuk direbus hingga mengeluarkan minyak. Oleskanlah minyak kemiri tersebut pada kulit kepala hingga meresap ke dalam pori-pori. Ulangilah beberapa kali pasti rambut anda tumbuh subur dan tidak akan rontok lagi.
50. REUMATIK PADA KAKI

Siapkan 2 gelas tepung terigu, 2 butir jahe, air masak secukupnya dan 5 butir bawang merah. Setelah itu bawang merah dan jahe ditumbuk, kemudian tambahkan tepung terigu dan air masak secukupnya. Lalu remas-remaslah hingga tercampur semua. Ramuan tersebut gunakanlah untuk menggosok sambil memijat bagian yang sakit.
Mandilah air hangat pada pagi dan sore hari.

51. SAKIT GIGI

Banyak orang tidak tahan berlama-lama menderita penyakit ini. Disini ada 3 cara mengobati sakit gigi.
Pertama :  siapkan garam dapur secukupnya, 10 gram kunyit, 25 gram akar sidh dan 50 gram dan sidh. Semua bahan diatas direbus dengan 1/2 liter air, sampai tinggi separuhnya. Setelah itu minumlah airnya.
Kedua : adalah 1/2 buah pinang, garam secukupnya, 10 gram kun yit dan 50 gram meniran. Tumbuklah sampai halus semua bahan-bahan diatas dan diseduh dengan segelas air mendidih kemudian disaring. Minumlah secara teratur.
Ketiga : gigi yang berlubang ditetesi mengunakan getah kulit jarak pagar. Ada juga yang lain yaitu dengan cara tetesilah gigi yang berlubang menggunakan getak kamboja. Tetapi anda harus berhati-hati karena apabila mengenai gigi yang sehat akan menyebabkan kerapuhan dan jangan sampai tertelan.

52. SAKIT JANTUNG

Ramuan untuk penyakit ini adalah : 30 gram akar tebu hitam, dan 1/2 liter air. Ambillah akar tebu tersebut dan cucilah sampai bersih. Kemudian rebuslah 1/2 liter air hingga mendidih, lalu masukkan akar tebu yang sudah dicuci. Biarkan dulu kira-kira selama 10 menit. Setelah itu endapkan akar tebu tersebut dalam sebuah gelas, setelah mengendap minumlah airnya.
Cara lainnya adalah : 20 gram gula aren, akar kemangi dan daun kemangi (masing-masing 25 gram), 50 gram biji kemangi. Ambillah daun, akar, dan biji kemangi tersebur ditumbuk sampai halus. Kemudian seduhlah dengan  segelas air panas dan saringlah. Hasil saringannya dibubuhi gula aren (diaduk rata).
Penyebab penyakit ini banyak sekali, salah satunya adalah kelelahan jantung yang disebabkan karena kekurangan vitamin BI dll. Bertindaklah cepat dengan jalan pengobatan ramuan diatas dan pijat rifleksi diatas.

53. SAKIT KEPALA

Ramuan obat sakit kepala adalah : 1 buah jeruk nipis, 1/2 buah daun jeruk nipis. Jeruk nipis tersebut digerus sampai halus. Masukkanlah dalam gelas kemudian campur dengan perasan air jeruk nipis. Gunakan untuk menggosok pada tengkuk, bahu dan pelipis.
Cara yang lainnya : 1/2 genggam daun dan batang kangkung. Terus cucilah dan tiriskan sebentar. Untuk pemakaiannya dapat dikonsumsi sebagai lalapan pada waktu makan (dilakukan 3 kali sehari). Demikian juga kacang hijau dapat digunakan sebagai ramuan obat juga. Caranya secangkir kacang hijau, cucilah terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian rebuslah bersama 3 gelas air sampai mendidih dan airnya diminum saat masih hangat.

54. SAKIT MAAGH

Sakit maag dapat diobati menggunakan ramuan seperti berikut : 1/2 gelas kacang hijau, 2 siung bawang putih dan 5 potong temulawak. Kemudian irislah tipis-tipis bawang putih dan temulawak dan rebuslah semua bahan menggunakan 1 1/2 air gelas sampai tinggal 1/2 gelas. Ramuan ini diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari.
Atau gunakan ramuan yang berasal dari buah bengkuang yaitu dengan cara : buah bengkuang diparut kemudian diperas airnya dan berilah sedikit garam. Diminum setelah sarapan pagi dan sorenya membuat ramuan yang baru lagi. Sakit ini bisa disebabkan karena cara makan yang tidak teratur.

55. SAKIT MATA

Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit mata, misalnya kelilipan atau sakit mata karena suatu gejala penyakit. Tetapi penyakit ini dapat diatasi menggunakan ramuan tradisional seperti berikut : 1 buah kunyit, 1 potong bangle, 100gram daun sembung dan 13 biji jinten hitam. Setelah itu irislah tipis-tipis (kunyit dan bangle) dan jinten ditumbuk. Dan rebuslah dengan 100gram (biarkan hingga kira-kira 50 gram). Ramuan ini diminum tiap pagi dam sore hari. Selanjutnya ramuan dari daun sirih rebuslah beberapa daun sirih, dinginkan. Kemudian rendamkanlah mata Anda beberapa saat pada air tersebut. Ulangilah sebanyak tiga kali sehari
56. SAKIT PINGGANG

Untuk menyembuhkan sakit pinggang gunakanlah 1 potong jahe, 2 lembar dau laos yang muda dan 20 lembar dan bunga selasih. Semua bahan dilembutkan menjadi satu dan tuangkan sedikit air panas. Lalu aduk hingga rata dan setelah ramuan jadi dapat dilulurkan sebagai bobok pada bagian yang terasa sakit.
Atau gunakan : 3 lembar daun sirih dan 1 sendok makan daun sirih. Bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Kemudian masukkanlah kapur sirih dan daun sirih yang sudah dihaluskan tadi ke dalam gelas yang berisi air 1/2 gelas. Aduk dan peraslah, kemudian endapkan. Untuk pemakaiannya endapan yang telah meresap berasa dibawah dan ambillah air dibagian atas . Minumlah 2 kali sehari setelah makan.

57. SAKIT PUNDAK/ BAHU NYERI

Ambillah daun gandarasa 15 gram, akr kelintang 15 gram,daun encok 15 gram, lengkuas merah 15 gram, dan jahe. Semua bahan direbus dengan air secukupnya hingga tingal separo. Diminum dua kali sehari.

58. SAKIT DI WAKTU HAID

Ramuan tradisional yang digunakan kurang lebih : 2-3 sendok makan air garam dan 1 kepal tangan umbi pisang kepok. Selanjutnya parutlah umbi pisang kepok kemudian remaslah dengan air garam lalu peras dan saringlah. Gunakan dengan cara meminum air perasan tersebut 2 kali sehari dan tiap kali minum 2 sendok makan.
Selain bahan diatas kita juga dapat menggunakan 2 butir bawang putih dan 2 sendok makan air hangat. Gua butir bawang putih diatas dibersihkan lalu dikupas kulitnya. Kemudian kunyahlah sampai halus. Setelah itu minumlah 2 sendok mahan air hangat 2 kali sehari.

59. SAKIT TENGGOROKAN

Pertama : 3 sendok makan gula batu bubuk, garam dapur secukupnya, 5 batang tulang daun sirih dan 10 tangkai bunga sirih. Lalu aduklah semua bahan-bahan diatas dengan air panas dalam gelas. Tunggulah sampai dingin. Caranya minumlah pada waktu pagi hari langsung habis. Setelah itu buatlah ramuan yang baru lagi untuk sore hari dan ulangi 2 hari sekali.
Cara kedua : 1 batang akar bayam duri, 1 sendok makan serbuk gula batu, 10 biji bunga belimbing wuluh dan 15 lembar daun bayam duri. Semua bahan diatas ditumbuk sampai halus, kemudian masukkanlah ke dalam gelas yang berisi air 1/4 dari gelas tersebut. Aduklah sampai rata bersama gula batu. Minumlah 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

60. SAKIT PADA VAGINA

Jika terasa gatal pada vagina : Ambillah daun sirih secukupnya, kemudian anda rebus dengan 2 (dua) gelas air dan asam kawak sedikit, apabila sudah mendidih, ambilah. Bila sudah dingin anda minum, dan tiap kali habis kencing, basahilah vagina (kemaluan) anda dengan air yang dicampuri dengan air rebusan sirih tersebut.
Jika vagina bengkak : Ambillah sekepal wijen, sangrai dipenggorengan sampai hangus, kemudian tumbuklah sehingga halus bubuhkan wijen tadi bungkuslah dengan kain. Waktu malam hari buka bungkusammua dan dangrai di kuali, setelah panas angkat dan bungkus lagi, biarkan sampai hangat-hangat dan letakkan (kompres) bungkusan tersebut pada vagina yang membengkak. Biarkan selam kira-kira 1 jam dan bungkusan itu dipegangi agar tertekan selama kira-kira 1 jam, bungkusan tadi dipegangi agar tekanan sedikit mengenai penuh pada vagina. Jika sudah dingin, sangrai lagi, biar panas dan bungkus tunggu hingga hangat, dipakai lagi.
Lakukan seperti tadi sampai 2 atau 3 hari. Pembengkakan pada vagina akan sembuh.

61. SARIAWAN

Ambillah 10 gram kunyit, 10 gram daun saga manis, 15 gram adas, 15 gram daun sembung, dan 20 gram kayu manis. Lalu irislah tipis-tipis kunyit, setelah itu tumbuklah adas dan kayu manis tersebut. Kemudian rebuslah semua bahan diatas menjadi satu. Terus minumlah ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.
Gula aren juga dapat digunakan sebagai obat sariawan caranya gula aren secukupnya dan tomat 3 buah. Irislah kecil-kecil tomat yang telah masak tersebut dan aduklah sampai rata. Gunakanlah untuk makan siang dan untuk makan malam buatlah lagi ramuan yang baru.
Penyebab utama sariawan biasanya karena si penderita kekurangan vitamin B1, B2 dan C. Kemudian cirinya bibir lidah pecah-pecah.

62. SEMBELIT

Sembelit atau sukar buang air besar dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan tradisional sebagai berikut : sedikit garam, 2 sendok makan air masak dan 2 batang wortel. Selanjutnyaparutlah wortel tadi, berilah 2 sendok makan air masak. Kemudian peraslah dan bubuhi sedikit garam, aduklah rata dan minumlah 2kali sehari.
Nanas juga dapat digunakan sebagai obat, yaitu sebanyak 3 buah nanas yang besar. Terus kuaslah kulit buah nanas tersebut, cuci, kemudian parutlah. Setelah itu peraslah untuk diambil airnya. Minumlah 2 kali sehari, 1/2 gelas setiap kali minum.
Kemudian dari daun pandan wangi. Caranya daun pandan wangi ditumbuk sampai halus dan berilah 1/2 gelas air. Peras, saring, berilah garam dan masukkan juga gula aren. Aduklah sampai rata. Lalu minumlah setelah makan malam. Sebagai tambahan, pijatlah daerah-daerah yang diberi tanda titik di atas.

63. SERING NGOMPOL

Ngompol sering menimpa anak kecil, bahkan juga anak uang sudah besar masih ngompol. Ini tentu merepotkan sekali. Sebelum tidur si anak tidak minum, suruhlah kencing dahulu sebelum tidur.
Pengobatannya : Buah juwet 8 buah, garam secukupnya, daun pisang. Buah juwet dan garam dibungkus daun pisang muda lalu dikukus, menjelang tidur malam si anak diberi ramuan ini. Jika sudah makan ramuan ini si anak tidak boleh makan dan minum lagi sampai ia tidur malam.

64. STUEP / KEJANG

Mengatasi step :
1. Buka semua baju si sakit dan jendela rumah agar mendapat udara segar.
2. Jika perlu si sakit diletakkan di lantai.
3. Buka mulut (gigi) dan masukkan sendok makan. Ini dimaksudkan agar gigi si sakit tidak menggigit lidahnya sendiri.
4. Oleskan dengan telapak tangan alkohol 70% ke seluruh tubuh kecuali muka. Kipas-kipas dengan kipas atau buku. Lakukanlah berulang-ulang tindakan kedua tindakan tadi.
5. Bila tidak tersedia alkohol, ambil handuk, celupkan ke air kamar mandi, peras sedikit, lalu lilitkan ke tubuh. Ulangi berulang-ulang
6. Pada bagian yang paling panas (leher misalnya) beri wash lap basah.
7. Kalau suhu tubuh menurun dan tidak kejang lagi secepatnya bawa kerumah sakit.

65. SUARA SERAK
Untuk mengatasi suara serak atau parau adalah : daun sirih 125 gram, gula batu 250 gram, air 1 botol cocacola. Daun sirih direbus dengan air 1 botol, saringlah air rebusan itu lalu masukkan gula batu dan aduk hingga menjadi strop yang kental, masukkan strop itu ke dalam botol terbuka ( jangan ditutup) dan biarkan menjadi dingin.
Setelah dingin diminum tiga kali sehari sampai habis dalam beberapa hari.

66. SUKAR KENCING
Banyak makan sayuran (lobak dan sawi), sayur jagung muda, bawang mentah yang sudah dikupas. Minum air rebusan daun meniran. Minum air kelapa hijau. Cara diatas dapat menyembuhkan penyakit sukar kencing yang Anda alami.
Cara yang lain ambillah sesendok akar alang-alang yang sudah dilembutkan. Setelah itu rebuslah ramuan diatas dengan 2 gelas air bersamaan dengan beberapa batang hang kwe. Kemudian biarkan airnya tinggal separuh. Setelah itu air tersebut disaring kemudian diminum.

67. SUKAR TIDUR

Ini adalah ramuan yang dapat menyembuhkan penderita sukar tidur : 3 gram jinten, 5 gram ketumbar, 10 gram dan pegagan dan 50 gram daun kangkung. Jinten dan ketumbar ditumbuk sampai halus. Setelah itu semua bahan direbus menjadi satu sampai masak. Minumlah air rebusan tersebut.
Buah pala ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk bayi yang sukar tidur. Caranya sebagai berikut : ambillah  biji dan buah pala yang masih segar dan kupas kulit tipisnya, untuk kulit ari biji pala. Dilumatkan dan kemudian tempelkan diatas mata bayi, bayi akan segera mengantuk. Kapulaga ternyata juga bisa dijadikan obat. Memahlah atau lembutkanlah beberapa biji kapulaga. Kemudian tempelkanlah diatas kening.
Daun kangkung dimasak apa saja, lalu makanlah bersama nasi, tak lama kemudian anda akan merasa mengantuk.

68. TELINGA MENDENGING

Untuk pengobatan dengan herbal adalah memakai bahan dari daun pegagan 15 gram, daun dan tangkai sambiloto 15 gram, daun rumput mutiara 15 gram. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, diminum dua kali dalam sehari

69. TERLALU GEMUK

Sebuah problem yang sering dihadapi semua orang terutama bagi remaja. Masalahnya ini sering membuat kita tidak percaya diri. Sebenarnya banyak cara untuk mengurangi kegemukan seperti : olahraga dan sering beraktivitas. Tetapi dengan ramuan tradisional dapat mengurangi berat badan.
Untuk itu Anda harus menyediakan 3 sendok makan teh, 1 buah jeruk nipis, 1 gelas air masak. Terus campurlah perasan jeruk nipis dengan segelas teh. Aduk sampai rata. Pakai ramuan ini setiap pagi dan sore (masing-masing setengah gelas)

70. TUMOR

Setelah dipijat gunakanlah ramuan-ramuan tradisional sebagai berikut : 1/2 jari gadung cina, 1/2 jari bidara, 73 genggam daun belimbing, 1/4 genggam daun ceremai yang masih muda dan 3 jari gula aren. Lalu cucilah bahan-bahan diatas, kemudian potong-potong dan rebuslah dengan 3 gelas air sampai tinggal 3/4 dari semula. Setelah dingin saring dan minumlah 3 kali sehati, setiap kali minum 1/2 gelas.
Ramuan yang lain : 3 sendok makan madu murni, 1/4 daun ceremai yang masih muda, 1/4 daun belimbing, 73 genggam daun bayam merah, 1/2 pelepah daun pepaya yang masih muda dan 2 jari wortel. Cucilah semua bahan di atas kemudian digiling sampai halus, diremas dan kemudian rebuslah dengan 2 gelas air masak. Peras dan ambillah airnya, tambahkan madu murni 3 sendok makan. Minumlah 3 kali sehari dan 1/2 gelas setiap kali minum.

Pelet Bulu Perindu
Pelet Dari Jarak Jauh Nan Ampuh
Gebetan Anda Kembali Rindu Lagi, Tanpa ritual
Klik di sini
Pesan WhatsApp: 62895-35644-0040 Bersponsor -

>