Rahasia Pengobatan Tarupramana

Negara maju mulai menyukai pengobatan tradisional menggunakan bahan tumbuh-tumbuhan untuk menghindari efek samping obat.hal itu semestinya menjadi peluang berharga bagi masyarakat indonesia yang memiliki banyak kekayaan tumbuhan yang bisa diolah menjadi obat-obatan.salah satunya seperti yang terangkum dalam lontar Tarupramana.


oleh :Wayan taru

  Menurut ketua program studi kesehatan Ayurweda pada fakultas ilmu agana universitas hindu (UNHI),Denpasar,Bali,I gustingurah nala kecendrungan penggunaan obat-obatan tradisional atau ''gelombang hijau baru''(new green wave) ini membawa peluang sekaligus tantangan kembali ke alam. kondisi itu dipicu adanya efek samping dari obat-obatan sintetik dan antibiotika, serta perkembangan pendapat umum baik di negara barat maupun timur,bahwa pemanfaatan bahan alami lebih aman dibandingkan bahan kimia.

  Guru besar fakultas kedokteran Universitas udayana itu menilai meningkatnya kekawatiran masyarakat dunia terhadap dampak negatif obat-obatan sintetik membuat dunia mencanangkan gerakan kembali ke alam (back to nature)

  Sedikitnya ada 130 jenis tumbuh-tumbuhan yang mengandung khasiat obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada umat manusia. ''nama jenis tumbuh-tumbuhan dan khasiat penyakit  yang mampu disembuhkan dimuat secara terinci dalam lontar tarupramana,'' kata ngurah nala

  Apa itu lontar tarupramana? seperti di kutip dari herbaltarupraman.com, dahulu ada seseorang empu bernama ''empu kuturan''. beliau seorang dukun sidi wakia,selalu dingin tangan jika beliau mengobati orang sakit. beberapa hari beliau mengobati orang sakit. beberapa hari belaiu dapat mengobati serta menyembuhkan segala penyakit beliau belum pernah gagal selama menangani orang sakit dan selalu berhasil walaupun dalam sakit parah.

  Suatu hari entah apa penyebabnya beliau menjadi sangat kecewa setiap pasien yang di obatinya kebanyakan menemukan ajalnya. pada saat itu beliau ''erang'' menanggung rasa malu yang tak terhingga, kemudian timbul niat beliau untuk bersemedi dan tak lama kemudian beliau mendengar ada suara ''sabda'' di awing-awang atau ambara.

  Terdengar sabda dari betari khayangan.

  Setelah mendengar sabda tersebut akhirnya empu kuturan pun mengetahui nama pepohonan sebagai obat.

  dalam pengolahan bahan obat taru premana, para usadawan / balin meramunya dengan berbagi bentuk /olahan-olahan yang umumnya berlaku di masyarakat untuk mempermudah pemakaiannya sebagai berikut :

1.Tutuh atau pepeh

  Berbentuk cairan sari pati, pengolahnya : segala ramuan diambil sari patinya, dengan memeras bahan-bahanya,jika bahan keras digiling. campur sedikit dengan air, remas-remas diperas dan disaring.juga mungkin berupa minyak hasil gorengan bahan, tergantung petunjuk pengobatan.cara pemakainnya : diteteskan pada telinga atau hidung atu keduanya.

2.Boreh

  Boreh dapat disamakan dengan parem, berbentuk serbuk halus, dalam penggunaannya dicampur dengan cairan (air,cuka,arak atau alcohol). cara membuat adalah bahan-bahan haluskan tidak perlu diperas kemudian dicampur dengan cairannya. aturan pemakaiannya : selesai diolah langsung di paremkan pada anggota badan. tidak di bagian perut. kadang sebelum digunakan didadah atau di panaskan terlebih dahulu.

3.Loloh

  Cairan sari pati yang lebih pekat, cara penggolahanya : kecuali bahan lain terlebih dahulu digiling tidak perlu sampai halus, diremas-remas kemudian diperas serta di saring. campur dengan cairan yang ditentukan kemudian di tambahkan sedikit garam, siap diminum tapi bila perlu diminum hangat harus didadah atau sekeb.

4.Uap atau urap

  bentuk hampir sama dengan boreh, caramembuat seperti tutuh dan boreh. aturan pemakaiaan : denagan menggunakantangan urapkan pada kulit bagian badan yang dirasa sakit.

5.Ses atau cairan pembersih luka

  Berupa cairan sebagai pencegah infeksi, cara membuat bahan direbus dalam air kemudian setelah mendidih di dinginkan lebih dulu baru digunakan dengan cara menyiram bagian luka.

6.Oles

  Bentuk dan cara pengolahanya sama dengan urap atau lumur,tapi saat menggunakan dengan memakai alat berupa lidi atau bulu ayam.

7.Obat sembur (simbuh)

  Bahan ramuan di kunyah setelah lumat langsung disemburkan pada bagian yang sakit.

8.Obat tempel atau tempel (jika diubun-ubun disebut pupuk)

  bentuk dan pengolahan seperti boreh tapi lebih padat dan cara pemakain dengan ditempelkan kebagian yang sakit,biasanya dipusat nadi.

Tumbuhan Bermanfaat
  beberapa tumbuhan yang bermanfaat untuk pengobatan antara lain:
  Pohon kemiri adalah tanaman ini dapat dijumpai hampir sebagian besar indonesia, pohon ini dapat tumbuh pada ketinggian 0-800m diatas permukaan laut tinggi pohon sampai 35cm,panjang batang bebas cabang 10-14m,diameter sampai 100 cm, kulit luar berwarna kelabu.
dari biji kemiri dapat diolah menjadi minyak atau lemak kmiri yang di gunakan sebagai obat-obatan, kometik, coating dan industri cat.

Kandungan :
  Kemiri mengandung zat gizi dan nongizi, zat dan nongizi dalam kemiri misalnya saponin, falvonida dan polifenol. banyakpeneliti telah membuktikan bahwa ketiga komponen ini memiliki arti besar bagi kesehatn, kandunagan zat gizi mikcro yang terdapat dalam kemiri adalah protein, lemak, dan karbohidrat. mineral dominan yang terdapat dalam kemiri adalah kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium.

Manfaat :
  Tumbuhan kemiri memiliki banyak khasiat diantaranya untuk :
1.Buang air besar berdarah
  gunakan 20 gr kulit batang kemiri direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum hangat-hangat.

2.Disentri
  gunakan 10 gr kulit batang kemiri direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, saring dan airnya di minum hangat-hangat, untuk diare, gunakan 20 gr kulit batang kemiri segar ditumbuk halus kemudian direbus dengan air 600 cc sampai tersiss 300 cc saring airnya dan diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 150 cc.

3.Sembelit
  gunakan 1 buah kemiri, ditambah 2 siung bawang merah, 30 gr daun urang aring, 10 gr kayu manis, 5 gr pulosari,di tambah 6 gr adas, setengah sendok teh garm, dihaluskan kemudian direbus dengan 800 cc air sampai tersisi 400 cc, saring dan airnya diminum 2 kali sehari.setiap kali minum 200 cc.

4.Demam
  gunakan minyak kemiri secukupnya, kemudain ditambahkan 15 gr akar pulutan direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. kemudian ramuan masih hangat ada baiknya pengibatan ini secara teraur dan untuk penyakit berta disarankan untuk tetap berkonsultasi ke doker.

5.Sakit Gigi
  gunakan 3 tetes getah daun kemiri dilumaskan ke bagian yang sakit. lakukan sebanyak 3 kali seminggu.jika anda mempunyai bisul, gunakan 10 lembar daun pukul 4 lembar ditambah 15 lembar daun kangkung di haluskan, tambah minyak kemiri dan minyak kelapa secukupnya. aduk rata kemudian di oleskan pada bisul. lakukan 2 kali sehari.

6.Mengalami rambut rontok
  gunakan 60 gr daun lidah buaya, dikupas kulitnya, ditambah 30 gr daun mangkokan, ditambah 30 gr daun waru muda kemudian di haluskan. setelah itu, ditambahkan 50 gr minyak kemiri hangat, aduk rata kemudian di oleskan pada kulit kepala dan rambut sampai rata. diamkan beberapa saat setelah itu sampai bersih.

7.Memperkuat dan memperbaiki tumbuhnya rambut
  gunakan 6 buah kemiri ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya dan dimasak sampai mengeluarkan minyak.gosokan minyak tersebut kekulit kepala dan rambut sampai merata.lakukan 3 kali seminggu.


 

Pelet Bulu Perindu
Pelet Dari Jarak Jauh Nan Ampuh
Gebetan Anda Kembali Rindu Lagi, Tanpa ritual
Klik di sini
Pesan WhatsApp: 62895-35644-0040 Bersponsor -

>