Pengertian Basmalah Pada Umat Islam

  Mengungkap secara jelas kedahsyatan kalimat 'Basmalah'. Pengertian Basmalah adalah bahasa Arab yang digunakan jika menyebutkan kalimat islam bismi-llahi ar-rahmaniar-rahimi. Kalimat ini adalah kalimat yang tertera dalam setiap awalan surat di dalam Al Qur'an, terkecuali di dalam surat At-Taubah. Juga sering diucapkan setiap kali seorang Muslim dalam melaksanakan shalat, juga ketika memulai kegiatan harian lainnya, dan biasanya kalimat ini digunakan sebagai pembuka kalimat (Mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di negara-negara islam.

  Basmalah adalah doa (menyebut asma Allah) untuk memualai segala perbuatan baik. Bunyi lafadh
Basmalah adalah sebagai berikut:

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

  Membaca Basmalah sangat dianjurkan (mustahabbah) ketika membaca Al Qur'an, baik di setiap awal surat atau pertengahannya (kecuali pada awal surat At-Taubah). Membaca Basmalah boleh dilakukan dengan ulama qiro'at memberinya hukum wajib sina'i kewajiban yang apabila ditinggalkan istilah tersebut digunakan karena Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sangat menganjurkan membaca Basmalah, sebagaimana sabdanya :

"Setiap perkara yang mempunya nila yang tidak dimulai dengan Basmalah maka terputuslah (barokahnya)"

Kalimat Basmalah juga pernah ditulis pada zaman Nabi Sulaiman untuk ratu Bilqis sesuai dengan informasi yang terdapat di dalam Al Qur'an yaitu di dalam surat An Naml ayat 30:

Al Qur'an yaitu di dalam surat An Naml ayat 30
Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha pemurah lagi Maha Penyayang" (QS.An Naml: 30)

  Bismillah berasal dari bahasa arab yang mempunya arti "Dengan menyebut nama Allah". Bacaan ini disebut juga Tasmiyah dan bagi orang yang beragama islam sangat dianjurkan membacanya ketika hendak memulai setiap kegitannya. Sehingga apa yang dikerjakan diniatkan atas nama Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Basmalah, merupakan bacaan (dzikir) yang sering diucapkan. Basmalah adalah istilah dari penyebutan Bismillah, seperti hamdalah istilah dari Al Hamdulillah dan hauqalah istilah dari lahaula walaquwwata ill billah. Basmalah merupakan penggalan salah satu ayat dalam surat An Naml dan sebagai ayat pertama yang membuka surat Al Fatihah. Lebih dari itu, Basmalah sebagai pembuka dari seluruh surat-surat Al Aqur'an kecuali surat At Taubah (Al Bara'ah)

Baca juga Artikel menarik lainnya: -Doa pemusnah dosa

  Membacanya pun akan mendapat balasan (pahala) sebagaimana pahala membaca ayat-ayat yang lain dalam Al Qur'an. Setiap hurufnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberi pahala satu kebaikan yang dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Al qur'an) maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku (Nabi Muhammad) tidaklah mengatakan Alif Laam Miim adalah satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf"

Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah menurunkan kitab suci Al Quran kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam Melalui malaikat Jibril. Dengan bahasa Arab secara mutawatir dan menjadi ibadah bagi yang membaca dan sebagai petunjuk bagi manusia di seluruh dunia.
 Kitab suci Al Qur'an adalah kesimpulan dan kitab yang paling kengkap, penyempurna semua kitab-kitab suci yang pernah diturunkan Allah subhanahu Wa Ta'ala kepada para Nabi Rasul sebelum Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, seperti Taurat yang telah diturunkan kepada Nabi Musa as, injil kepada Nabi isa as, dan Zabur kepada Nabi Daud as.
  Dari surah Al Fatihah yang terdiri atas 7 ayat ini tergabung dalam ayat pertama yakni Basmalah (bismillaahir rahmaanir rahiim). Yang mempunyai keistimewaan dan keajaiban yang akan diungkap secara lebih dalam lagi.



Pelet Bulu Perindu
Pelet Dari Jarak Jauh Nan Ampuh
Gebetan Anda Kembali Rindu Lagi, Tanpa ritual
Klik di sini
Pesan WhatsApp: 62895-35644-0040 Bersponsor -

>